Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Perbedaan Paling Menonjol Antara 32 bit dan 64 bit di Komputer, PC ataupun Laptop

Mendengar istilah bit, saya rasa kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah 32 bit & 64 bit. Ya! kamu  akan menjumpai istilah ini ketika menggunakan Sistem Operasi Windows, seperti Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan berbagai versi sistem operasi windows lainnya.
Banyak pengguna komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi windows, bahkan hampir sebagian besar pengguna komputer atau laptop, biasanya menggunakan sistem operasi windows. Tapi ternyata masih banyak loh ternyata belum mengetahui perbedaan dari windows 32 bit dan windows 64 bit.!

Untuk itu saya akan memberikan paparan atau berbagi untuk kamu, tentang apa saja perbedaan yang paling menonjol antara windows yang berbasis 32 bit dengan windows yang berbasis 64 bit.!

1. RAM (Random Access Memory)
  • 32 Bit
Perbedaan yang paling menonjol dari windows yang berbasis 32 bit dengan windows yang berbasis 64 bit adalah konsumsi atau penggunaan RAM yang berbeda. Ketika kamu menggunakan basis 32 bit, maka komputer atau laptop kamu hanya dapat menggunakan RAM dengan ukuran maksimal 4GB namun yang terbaca di sistem nantinya hanya akan 3 GB, hal tersebut dikarenakan basis 32 bit pada awalnya adalah basis yang dirancang bukan untuk komputer atau laptop dengan spesifikasi yang terbilang tinggi. Basis 32 bit ini akan kompetitable atau cocok dengan komputer atau laptop dengan spesifikasi RAM 1GB dan 2GB

  • 64 Bit
Sesudah mengetahui tentang basis 32 bit, maka secara otomatis tentunya kamu akan mengetahui dengan mudah letak perbedaaannya. Ya! basis 64 bit dirancang untuk komputer atau laptop yang menggunakan RAM yang tinggi. 

2. Performa
Tentu saja secara performa basis 32 bit dan basi 64 bit ini akan sangat berpengaruh. Ketika kamu menggunakan komputer atau laptop dengaan spesifikasi yang tinggi namun menggunakan basis 32 bit, maka penurunan performa akan terasa ketika kaamu mejalankan aplikasi, mentransfer data, dan berbagai hal lainnya yang benar-benar akan menurunkan performa kamu.

Sebaliknya, ketika kamu menggunakan komputer atau laptop dengan spesifikasi kentang atau kelas bawah, maka akan lebih baik jika kamu menggunakan windows dengan basis 32 bit.

3. Kompabilitas Aplikasi
Jika kamu menggunakan komputer atau laptop dengan basis 32 bit, secara mutlak kamu tidak akan dapat menjalankan aplikasi yang berbasis 64 bit, hal ini dikarenakan biasanya aplikasi yang berbasis 64 bit cendrung membutuhkan kinerja prosesor & system yang tinggi atau memenuhi standart basis 64 bit.

Demikianlah Perbedaan Paling Menonjol Antara 32 bit dan 64 bit di Komputer, PC ataupun Laptop, terima kasih sudah berkunjung dan semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Inilah Perbedaan Paling Menonjol Antara 32 bit dan 64 bit di Komputer, PC ataupun Laptop"