Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Test Point Pada Smartphone atau Android? Berikut Penjelasannya!

Apa Itu Test Point Pada Smartphone atau Android? Berikut Ulasannya!

Test point merupakan sebuah istilah dalam dunia servis hp yang berfungsi untuk membuat hp masuk ke dalam EDL (Emergency Download) mode, buat kamu yang belum tau apa itu EDL mode, silahkan baca terlebih dahulu tentang EDL mode.

Singkatnya, Test point merupakan sebuah metode yang digunakan agar pc dan hp dapat terkoneksi dengan jalur usbnya dengan cara menghubungkan titik atau short-kan kutub tempat test point dilakukan  agar hp dapat terkoneksi ke jalur usbnya.

Rata-rata hp yang menggunakan metode test point ini menggunakan chipset Qualcomm, namun perlu kamu ketahui bahwa ada chipset mediatek pada hp tertentu juga ada yang menggunakan metode ini. di antaranya seperti hp Oppo F5, Oppo F7 dan Oppo A83.
http://  
Kenapa harus test point?
Untuk mengetahui mengapa kamu harus test point adalah dengan mencari tau faktor-faktor apa yang menjadi penyebab mengapa harus dilakukannya test point, faktor-faktor tersebut di antaranya adalah:

1. Proses format data tidak dapat berjalan secara sempurna.
Biasanya terjadi dichipset mediatek seperti di hp oppo a83, f5, dan f7. Test point pada chipset mediatek biasanya digunakan untuk melakukan format/wipe data pada hp yang terkunci pola/pin/sandi. Tool yang digunakan biasanya adalah MRT Key dan Miracle Thunder.

2. Smartphone belum unlock bootloader.
Bootloader ialah sebuah sisterm keamanan yang memproteksi sebuah software pada smartphone agar tidak dapat sembarang di oprek. Pada umumnya, rata-rata metode test point seringkali dilakukan pada perangkat Xiaomi seperti Redmi 3S, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 5A, Redmi Note 5a, Redmi Note 5 Pro serta tipe-tipe xiaomi lainnya.

3. Agar dapat dilakukan pengkoneksian dari pc ke hp untuk melakukan flashing 
Metode test point ini bisa dikatakan sebuah hal yang perlu kamu lakukan atau coba ketika hp yang akan kamu lakukan flashing mengalami kendala atau flashing tidak dapat berjalan dengan baik.

Bagaimana Cara Mengetahui Titik Test Point?
http://
Mungkin bagi kamu yang masih belum terlalu tau dengan metode test point ini ada yang bingung dan bertanya, lah terus bagaimana dong cara biar kita tau di mana letak test point hp yang akan kita flashing?
 
Nah, untuk mengetahui titik test point dari hp yang akan kamu flash adalah dengan searching di google search engine dengan mengetikkan keyword contohnya sebagia berikut "Test point redmi 5a" lalu buka bagian gambar, dan akan tampil di sana cukup banyak gambar yang sudah dibagikan oleh para rekan-rekan teknisi juga untuk letak test point redmi 5a.
 
Bagaimana jika tidak menemukan gambar titik test pointnya?
Jika kamu sudah searching dan tidak menemukan letak titik test point hp yang akan kamu lakukan flashing, kemungkinan besar hp tersebut memang tidak bisa dilakukan test point!


Kurang lebih seperti itulah tentang Testpoint, terima kasih sudah berkunjung dan jika kamu memiliki pertanyaan, ingin berdiskusi ataupun sharing. Langsung saja di kolom komentar ya! akhir kata semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Test Point Pada Smartphone atau Android? Berikut Penjelasannya!"