Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu IC eMMc? Untuk apa fungsi IC eMMC?

Pernah enggak sih kamu mendengar yang namanya IC eMMC? nah kamu yang mampir ke sini saya rasa kemungkinan besar pernah mendengar nama tersebut.

Entah itu dari orang-orang terdekat, tempat perbaikan hp ataupun kamu sendiri adalah seorang teknisi yang juga baru terjun ke bidang perbaikan hp.

Apa Itu IC eMMC?
Apa itu IC eMMc? Untuk apa fungsi IC eMMC?
IC eMMC merupakan sebuah komponen yang berwarna hitam atau berbentuk blok pada mesin hp, untuk ukurannya sendiri biasanya IC eMMC ini memiliki ukuran yang cukup besar, dan umumnya berbentuk persegi. Nama eMMC sendiri ialah singkatan dari (embedded multi-media controller).

IC eMMC sendiri memiliki banyak sekali merk, dan biasany setiap merk memiliki ciri khas masing-masing dengan kode yang berbeda-beda dan kinerja yang berbeda-beda tentunya. Merk nya di antaranya seperti SK Hynix, Samsung, Kingson, Toshiba, Micron dan berbagai merk lainnya yang masih cukup banyak.

Fungsi IC eMMC?
IC eMMC berfungsi sebagai media penyimpanan yang mengontrol dan menampung semua data-data yang terdapat di dalam sebuah ponsel. Atau dengan kata lain, eMMC bisa juga disebut sebagai memory internal/penyimpanan internal.

Perkembangan IC eMMC?
Apa itu IC eMMc? Untuk apa fungsi IC eMMC?

Seperti halnya teknologi lainnya, setiap teknologi biasanya akan terus berkembang seiring bejalannya waktu, termasuk juga ic eMMC. ic eMMC berkembang dengan inovasi terbarunya yaitu dengna nama EMCP (embedded multi-media controller package)

eMCP
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, EMCP merupakan perkembangan dari eMMC, eMCP mampu mentransfer data jauh lebih cepat dari eMMC, untuk berapa kecepatan pastinya saya kurang tau karna masih belum ada informasi secara pasti tentang kecepatan dari EMCP ini. Namun satu hal yang pasti adalah bahwa EMCP ini lebih cepat performanya dibandingkan dengan eMMC.

Dalam eMMC terdapat yang namanya LPDDR (Low Profile Doule Data Rate) yang kurang lebih bisa dikatakan seperti RAM (Random Acess Memory) yang terdapat pada Komputer. Tentunya dengan adanya LPDDR pada eMCP ini akan sangat membantu meningkatkan performa dari smartphone serta mengurangi konsumsi daya pada smartphone sehingga baterai pada smartphone kamu akan lebih tahan lama.

UFS
Setelah eMCP, sekarang ini ada lagi teknologi terbaru lagi yaitu UFS (Universal Flash Storage).! UFS ini banyak digunakan di smartphone kelas menengah ke atas yang terknini. untuk performanya sendiri sudah tidak perlu ditanyakan lagi. UFS sudah setara dengan SSD, bahkan performanya ada yang di atas SSD. Kecepatannya atau performanya sendiri meningkat 2-3 kali lipat dibandingkan dengan eMCP. jadi jangan heran jika kamu menggunakan smartphone dengan teknologi UFS, maka smartphone kamu akan cendrung memiliki performa yang super dan baterai yang tahan lama pastinya.


Demikianlah sekilas tentang apa itu ic emmc, untuk apa fungsi ic emmc, dan perkembangannya. Terima kasih sudah berkunjung. Jika kamu memiliki pertanyaan, ingin berdiskusi ataupun sharing. Langsung saja ketikkan di kolom komentar ya.! Akhir kata, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa itu IC eMMc? Untuk apa fungsi IC eMMC?"