Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi HP Realme 5i (RMX2030) Mati Setelah Direct (Detect Qualcomm 9008)

Halooo rekan-rekan teknisi ponsel sekalian, sudah lama sekali saya tidak membuat artikel lewat blog karna kesibukan yang sangat parah. Sehingga saya tidak punya waktu untuk berbagi dengan rekan-rekan sekalian.

Untuk sekian lama ini sebenarnya saya sudah menyiapkan berbagai macam hal dalam dunia reparasi smartphone yang akan saya bagikan untuk rekan-rekan. Kebetulan pada waktu ini saya punya waktu luang untuk berbagi dengan rekan-rekan dan pada video kali ini, saya akan berbagi dengan rekan-rekan tentang

"Cara Mengatasi HP Realme 5i (RMX2030)
Mati Setelah Direct (Detect Qualcomm 9008)"

http://

Artikel kali ini akan saya khususkan untuk rekan-rekan teknisi ponsel yang mengalami kasus ini, dan apabila mungkin dari anda ada yang hanya ingin sekedar menambah pengetahuan juga tidak masalah.

Berdasarkan pengalaman, dari beberapa kasus yang saya jumpai, ada 3 hal yang dapat menyebabkan HP Realme 5i yang anda direct menjadi mati atau ketika dicolokkan pc hp langsung terdeteksi driver qualcomm 9008 atau masuk edl mode. padahal step-stepnya sudah sesuai dengan yang biasa dilakukan.

1. Teliti lagi, sudah bernarkah step yang dilakukan?

Hal ini mungkin bisa saja terjadi, karna mungkin anda sedang tidak fokus atau semacamnya. Harap untuk lebih teliti lagi! sudah benarkah step yang anda lakukan? step yang saya anjurkan adalah seperti berikut : Identify eMMC>USERAREA PART>Special Task>[Oppo] MasterClear>Wipe Data & App Data

Mengapa tidak memilih Format Data/Factory Reset? dalam beberapa kasus yang saya jumpai, beberapa hp dapat berubah boot confignya, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan hp tersebut menjadi tidak bisa booting atau mati atau stuck edl mode.

2. Boot Config/Partition Configuration berubah menjadi 0x00

http://

Melanjutkan pembahasan sebelumnya, hal ini sangat mungkin terjadi jika anda melakukan direct eMMC, untuk chipset Qualcomm, boot config normalnya adalah 0x38, ketika boot config berubah menjadi 0x00, maka bisa dipastikan hp yang anda direct akan mengalami stuck edl mode/qualcomm 9008.

Solusinya adalah, direct kembali untuk memastikan bahwa confignya 0x38, jika boot confignya 0x00 rubah kembali menjadi 0x38 dengan cara berikut :

  • Pilih  bagian BOOT_PARTITION_EN

  • Setelah itu pilih User area enabled for boot

  • Terakhir Write Partition Config (0x38)

3. CLK atau CMD Putus!

Ketika Resistor CLK ataupun CMD bermasalah maka akan besar kemungkinan bahwa hp tersebut akan gagal dalam boot atau stuck qualcomm 9008, satu-satunya jalan adalah dengan mengganti resistor tersebut dengan nilai yang pas!

Untuk Resistor CLK pada Realme 5i, bisa di jumper ketika putus.
Namun untuk Resistor CMD pada Realme 5i, tidak bisa dijumper, dengan kata lain harus diganti dengan nilai yang pas.

http://

Saran dari saya, pertama lepas terlebih dahulu resistor clk, lalu jumper/bypass jalur resistor clk tersebut
setelah itu test lagi apakah hp sudah mau nyala atau tidak?
Apabila masih tidak mau menyala, maka ganti resistor cmd dengan yang pas! untuk nilai hambatan resistornya saya lupa untuk mengukur nilainya, jadi mungkin anda bisa mencoba mencarinya dengan yang pas! Tetapi pada umumnya berdasarkan pengalaman saya, resistor cmd biasanya memiliki nilai 10k.

Demikianlah Cara Mengatasi HP Realme 5i (RMX2030) Mati Setelah Direct (Detect Qualcomm 9008), terima kasih sudah berkunjung, apabila anda memiliki pertanyaan, ingin berdiskusi ataupun sharing seputar permasalahan penanganan pada smartphone anda, bisa langsung di kolom komentar ya! akhir kata saya ucapkan semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Cara Mengatasi HP Realme 5i (RMX2030) Mati Setelah Direct (Detect Qualcomm 9008)"

  1. can you please help me...
    dat0 cmd resistors disappeared and I don't know what value it uses as resistor

    BalasHapus