Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Mengatasi No Comand Pada Saat Hard Reset Smartphone

Hard Reset adalah proses di mana kamu mengembalikan perangkat lunak (software) pada Smartphone kamu ke kondisi semula atau awal (seperti saat kamu membeli smartphone baru) dengan menggunakan beberapa fungsi tombol/button pada smartphone seperti volume atas, bawah, on/off, home, camera, dan lain-lain untuk masuk ke recovery mode.
Hard Reset umumnya dilakukan pada saat smartphone mengalami masalah seperti lupNa password, lemot, aplikasi terhenti, bootloop, dan lain-lain.

Namun untuk beberapa tipe smartphone, pada saat kamu akan masuk ke Recovery Mode dari smartphone tersebut, pada tampilan layar  kamu akan muncul pesan "No Command". Bagaimanakah solusi untuk mengatasi pesan error "No Command" pada smartphone kamu agar dapat masuk ke recovery mode? baca sampai habis yah!
Nah dari pengalaman-pengalaman saya dan tentunya saya sudah sering sekali menyelesaikan kasus permasalahan no command pada saat hard reset. Tentunya saya akan share buat kamu bagaimana caranya:

Untuk menangani pesan error No Command ini cukup mudah, kamu hanya perlu menekan beberapa fungsi tombol yang terdapat pada smartphone kamu! cobalah satu per satu hingga berhasil!
  • Tombol Power
  • Tombol Home (Samsung) 
  • Tombol Volume Up
  • Tombol Volume Down
  • Tombol Volume Up lalu Down
  • Tombol Volume Down lalu Up
  • Tombol Volume Up + Down secara bersamaan
  • Tombol Power + Volume Up secara bersamaan
  • Tombol Power + Volume Down secara bersamaan
  • Tombol Power + Volume Up + Down secara bersamaan
  • Tombol Power + Volume Up + Home secara bersamaan
  • Tombol Power + Volume Down + Home secara bersamaan
Mengapa cara mengatasinya tidak selalu sama? untuk setiap smartphone biasanya caranya berbeda-beda, tergantung dari system operasi smartphone tersebut dapat membaca perintah yang mana dari beberapa fungsi tombol di atas.

Bagaimana jika tidak berhasil? sebenarnya untuk kasus di atas selama saya menemui kasus pesan errro No Command saya belum pernah sama sekali mengalami kegagalan untuk mengatasi permasalahan tersebut, namun apabila cara tersebut tidak berhasil ada tiga kemungkinan penyebab dari permasalahannya
1. Beberapa Fungsi Tombol Tidak Berfungsi Dengan Baik
Cobalah untuk melakukan pengecekan pada setiap fungsi tombol pada smartphone kamu, apakah semua fungsi tombol sudah berfungsi dengan baik? pastikan dengan benar-benar yah!
2. Kerusakan Terjadi Karena Software Bermasalah
Poin kedua ini juga bisa menjadi penyebab dari permasalahan tersebut, namun kasus seperti ini jarang sekali saya temui di lapangan, namun menurut analisa saya sebagai teknisi ponsel tentunya permasalahan dari pesan error no command bisa saja terjadi karena software dari smartphone tersebut bermasalah, solusinya adalah kamu harus melakukan flashing ulang pada smartphone tersebut!
3. Kerusakan Terjadi Karena IC EMMC Sudah Hampir Rusak
IC EMMC merupakan sebuah chip yang di mana semua data-data software dari smartphone kamu tersimpan di dalamnya, atau agar lebih mudah di pahami IC EMMC juga dapat di sebut Memory Internal dari smartphone kamu! namun kasus seperti ini benar-benar sangat jarang sekali terjadi namun tidak menutup kemungkinan bahwa IC EMMC juga dapat menjadi penyebabnya!

Demikianlah Cara Ampuh Mengatasi No Comand Pada Saat Hard Reset Smartphone, buat kamu yang punya pertanyaan-pertanyaan seputar permasalahan smartphone kamu, kamu juga dapat menyakan solusi dari permasalahan smartphone kamu lewat kolom komentar, terima kasih sudah berkunjung sob dan apabila di rasa bermanfaat kamu juga dapat share ke teman-teman kamu yang lainnya yah, semoga informasinya bermanfaat.

2 komentar untuk "Cara Ampuh Mengatasi No Comand Pada Saat Hard Reset Smartphone"

  1. Ada nomor telfon yg bisa di hubungi ? Mau konsul hp saya no command error udah di reset dll tapi tetep gabisa

    BalasHapus