Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Perbedaan Factory Reset dan Hard Reset



Halo sobat CTT sekalian, mungkin bagi kamu yang sering bermain dengan Smartphone sering mendegar kata Factory Reset dan Hard Reset, pada dasarnya Factory Reset dan Hard Reset memiliki fungsi yang sama, namun sering kali cukup banyak dari kamu yang belum mengetahui Perbedaan Factory Reset dan Hard Reset dan kali ini saya mau sharing tentang Pengertian dan Perbedaan Factory Reset dan Hard Reset pada sobat-sobat CTT sekalian


Pengertian Factory Reset
Dikutip dari wikipedia Factory Reset adalah pengembalian perangkat lunak dari perangkat elektronik ke kondisi sistem semula dengan menghapus semua informasi yang tersimpan pada perangkat dalam upaya mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrikan aslinya.
Dan kalau pakai bahasa saya sendiri :
Factory Reset adalah proses di mana kamu mengembalikan perangkat lunak (software) pada Smartphone kamu ke kondisi semula atau awal (seperti saat kamu membeli smartphone baru).

Factory Reset umumnya dilakukan pada saat smartphone kamu dalam kondisi bisa masuk tampilan dekstop /  layar utama.

Cara Melakukan Factory Reset
Umumnya factory reset dilakukan dengan masuk ke menu
Setelan/Pengaturan > Backup & Reset  >  Erase all data > Reset Phone

Saya menggunakan Xiaomi Redmi 4A sebagai contohnya

 

Pengertian Hard Reset
Hard Reset adalah proses di mana kamu mengembalikan perangkat lunak (software) pada Smartphone kamu ke kondisi semula atau awal (seperti saat kamu membeli smartphone baru) dengan menggunakan beberapa fungsi tombol/button pada smartphone seperti volume atas, bawah, on/off, home, camera, dan lain-lain.

Hard Reset umumnya dilakukan pada saat smartphone mengalami masalah seperti lupa password, lemot, aplikasi terhenti, bootloop, dan lain-lain.

Cara Melakukan Factory Reset
Saya Menggunakan Xiaomi Redmi Note 4 ( Mediatek/Nikel ) sebagai contohnya 



Perbedaan Factory Reset dan Hard Reset
Sebenarnya pada dasarnya Factory Reset dan Hard Reset memiliki fungsi yang sama yaitu mengembalikan perangkat lunak (software) pada Smartphone kamu ke kondisi semula atau awal (seperti saat kamu membeli smartphone baru) namun perbedaannya terletak dari bagaimana cara melakukannya.

Demikianlah Pengertian dan Perbedaan Factory Reset dan Hard Reset, apabila ada salah-salah kata atau kalimat mohon dikoreksi agar kita bisa belajar bersama-sama, semoga artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan kamu dalam bidang smartphone.

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Perbedaan Factory Reset dan Hard Reset"