Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Samsung

Memori penuh adalah salah satu hal cukup sering dialami oleh para pengguna smartphone, kasus ini seringkali terjadi pada smartphone yang memiliki memori internal 4GB, 8 GB dan 16 GB.
Dengan penuhnya memori pada smartphone, maka penggunaan smartphone tentunya juga akan terhambat ketika kamu ingin melakukan download.
Bagi kamu para pengguna smartphone Samsung, apalagi  dengan seri atau model seperti
Samsung Grand Prime
Samsung J1
Samsung J1 2016
Samsung J2 2015
Samsung J2 Prime
Samsung J3 2016
Samsung J5 2015
Serta seri atau model lainnya yang memiliki memori internal 8 GB sampai dengan 16 GB

Sebagian besar dari kamu pasti pernah mengalami memori penuh.! Dan kamu mungkin pernah bertanya-tanya "padahal aplikasi yang diinstall sedikit, tapi kok udah penuh aja ya.?
Bagaimana cara mengatasi memori internal penuh di HP Samsung? mari simak:

9. Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Samsung

1. Bersihkan Cache
Cache merupakan proses penyimpanan data berupa informasi yang bersifat sementara. Setiap browser ataupun aplikasi memiliki cache masing-masing, dengan adanya cache pengguna dapat mengakases browser ataupun aplikasi lebih cepat dari sebelumnya karena adanya cache.

Selain itu, biasanya apabila setiap kamu melakukan uninstall aplikasi, biasanya cache dari aplikasi tersebut masih tersimpan dalam memori internal smartphone kamu. Dan tentunya hal tersebut dapat menjadi salah-satu pemicu mengapa penyimpanan internal pada HP Samsung kamu dapat penuh.!
Bagaimana cara menghapus cache pada HP Samsung?
  • Masuk ke Pengaturan, lalu pilih bagian Pemeliharaan perangkat
  • Selanjutnya pilih Optimalkan sekarang
Dengan begitu, cache pada HP kamu akan dihapus secara otomatis.

2. Pindahkan Foto, Video, atau Music ke MicroSD Card
Dikarenakan penyimpanan internal yang kecil, maka ada baiknya jika kamu menggunakan MicroSD Card (memori eksternal). Dengan menggunakan MicroSD, kamu tentunya dapat membantu meringankan peyimpanan internal pada hp kamu.
Bagaimana cara memindahkan foto, video, music, atau data penting lainnya ke MircoSD Card  di HP Samsung?
  • Masuk ke File Manager atau File Saya
  • Cari foto, video, music ataupun data yang ingin kamu pindahkan
  • Sentuh dan tahan pada file tersebut, lalu pada bagian pojok pilih icon titik tiga
  • Pilih Pindahkan, lalu pindahkan file tersebut ke MircoSD Card dengan memilih objeknya
Dengan melakukan hal tersebut, tentunya akan sangat membantu memberikan ruangan lebih ke memori internal hp kamu.
 
3. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan Lagi
Jika kamu pernah menginstall sebuah aplikasi dan jarang atau nyaris tak pernah digunakan lagi. Ada baiknya jika kamu menghapus aplikasi tersebut. Dengan begitu tentunya akan membantu penyimpanan internal kamu memiliki ruangan yang lebih luas lagi.

Cara Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan Lagi
  • Masuk ke Pengaturan
  • Temukan lalu pilih Aplikasi
  • Setelah masuk ke menu pilihan Aplikasi, terakhir kamu tinggal mencari aplikasi yang ingin dihapus. tab pada bagian Hapus instalan untuk menghapus.

4. Hapus Foto atau Video Yang Tidak Penting
Bukan hanya aplikasi yang tidak diperlukan saja yang perlu untuk dihapus, foto atau video yang dirasa tidak penting juga perlu untuk dihapus apabila foto atau video tersebut disimpan di memori internal. Hal demikian juga dapat kamu terapkan ke memori eksternal.

5. Tidak Perlu Update Aplikasi Yang Jarang Digunakan
Terkadang update tidak selalu memperbaiki permasalahan pada aplikasi tersebut, biasanya update dilakukan juga karena adanya penambahan fitur dan berbagai hal baru lainnya. Aplikasi yang jarang digunakan tidaklah perlu untuk diupdate, karena dengan mengupdate aplikasi tersebut tentunya akan menambah penggunakan memori internal pada hp kamu.

Maka dari itu ada baiknya jika kamu tidak melakukan update apabila dirasa tidak diperlukan.

6. Hapus Video Offline Youtube Yang Tidak Diperlukan Lagi
Youtube berkembang terus dari waktu ke waktu. Bahkan sampai dengan saat ini Youtube dapat dikatakan sebagai Aplikasi atau situs streaming terbaik saat ini. Dengan fitur terbarunya yaitu download videos yang dapat ditonton offline setelah didownload, fitur tersebut juga efektif untuk menghemat kuota internet penggunanya.

Jika video yang didownload hanya satu dengan durasi yang tidak terlalu lama, tentunya tidak terlalu menjadi masalah. Namun apabila video yang disimpan atau diwnload banyak serta dengan durasi yang lama, maka secara otomatis memori internal yang dipakai untuk menyimpan video tersebut akan banyak juga tentunya. Jadi usahakan agar kamu menghapus video-video yang sudah dirasa tidak perlu disimpan/ditonton lagi dari Video Youtube Offiline.
 
7. Nonaktifkan Auto downloads di WhatsApp
Secara default ketika seseorang mendownload aplikasi WhatsApp lalu menggunakannya untuk pertama kali, maka setelan auto downloads foto/video pada aplikasi tersebut biasanya tidak aktif.

Namun mungkin saja ada diantara kamu yang mengaktifkan pengaturan tersebut, maka ada baiknya jika kamu menonaktifkan fitur tersebut agar dapat menghemat penyimpanan internal. Dengan tidak aktifnya pengaturan tersebut maka kamu dapat memfilter foto/video mana yang akan dilihat atau disimpan.

Cara Nonaktifkan Auto-downloads di WhatsApp
  • Buka WhatsApp, lalu pilih icon titik tiga pada bagian pojok kanan atas
  • Kemudian pilih Settings, lalu setelah itu masuk ke bagian Data and storage usage
  • Lihat pada bagian Media auto-downdoad, Terakhir ubah pada bagian auto-downloads menjadi no media

8. Factory Reset atau Hard Reset
Ketujuh cara di atas telah dilakukan, namun memori internal masih saja penuh.! Maka Factory Reset atau Hard Reset adalah langkah selanjutnya yang masih dapat kamu lakukan.

Baca juga : Pengertian dan Perbedaan Factory Reset dan Hard Reset

Sebelum melakukan factory reset atau hard reset, pastikan kamu mengingat akun google yang sebelumnya terhubung ke HP Samsung kamu ya.! Jika dirasa sudah lupa, maka ada baiknya jika kamu menghapus akun google yang terhubung ke HP Samsung kamu agar tidak terkena FRP (Factory Reset Protection)

Cara Factory Reset HP Samsung
  • Masuk ke Pengaturan
  • Cari dan pilih Manajemen umum, lalu pilih Reset
  • Kemudian akan muncul beberapa pilihan, pilih Reset data pabrik 
  • Terakhir Reset lalu pilih Hapus Semua
Kemudian HP Samsung kamu akan reboot dan melakukan penghapusan data dengan sendirinya.

9. Lakukan Flashing
Setelah cara-cara di atas telah dilakukan termasuk Factory Reset atau Hard Reset, cara terakhir yang dapat kamu coba adalah dengan melakukan flashing, cara terakhir ini kamu memerlukan sebuah PC atau Laptop dengan spesifikasi yang standart warnet, serta kemampuan instalasi program/driver.

Dengan melakukan flashing maka data-data yang terdapat dimemori internal kamu akan bersih kembali seperti baru atau fresh seperti saat pertama membeli HP tersebut. Jikalau kamu tidak terlalu mengerti flashing atau tidak memiliki PC atau Laptop, maka ada baiknya jika kamu membawa HP tersebut ke tempat service HP yang bisa meraparasi bagian software HP Tersebut (flashing).

Namun apabila setelah diflash namun memori internal pada HP Kamu masih tetap penuh, maka dapat dipastikan bahwa IC EMMC pada HP Samsung kamu sudah rusak dan harus diganti.! biaya penggantiannya sendiri tentunya berbeda-beda tergantung tipe dan seri HP kamu. biasanya berkisar 250-350rb untuk HP 1 juta ke bawah, dan 400-750rb untuk HP di atas 1 juta.


Demikianlah 9 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Samsung, jika kamu memiliki pertanyaan, ingin berdiskusi ataupun sharing seputar permasalahan smartphone kamu. Langsung saja ketikkan di kolom komentar ya.! Terima kasih sudah berkunjung dan semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "9 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Samsung"