Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Teknologi Blockchain Lebih Dalam! Apa itu Blockchain dan Cara Kerjanya!

Banyak yang memprediksikan bahwa Blockchain akan menjadi 'The Next Internet' kelak, perlahan-lahan belakangan ini sudah mulai terlihat berbagai adopsi dalam dunia Blockchain itu sendiri pada perusahaan-perusahaan ternama di global.

Namun tahukah anda bahwa blockchain itu sendiri seperti apa persisnya dan bagaimana cara kerjanya? Berikut ini Apa itu Blockchain dan cara kerjanya!
Blockchain

Apa itu Blockchain?
Blockchain merupakan sebuah media penyimpanan digital yang menggunakan bahasa pemrograman Cryptography (Kriptografi).

Blockchain adalah sebuah teknologi yang memungkinkan terjadinya transaksi online yang aman, terdistribusi, dan terverifikasi tanpa campur tangan dari pihak ketiga. Blockchain memiliki potensi untuk mengubah cara kita melakukan transaksi dan bertukar informasi secara online.

Blockchain terdiri dari sekumpulan blok yang terhubung satu sama lain secara berurutan. Setiap blok berisi sejumlah data yang dienkripsi dan terekam secara permanen. Ketika sebuah blok ditambahkan ke blockchain, data di dalamnya tidak dapat diubah atau dihapus. Ini membuat blockchain aman karena data yang terekam di dalamnya tidak dapat diubah oleh pihak manapun.

Blockchain dapat digunakan untuk mencatat transaksi keuangan, menyimpan data medis, kependudukan, sekolah atau bahkan memverifikasi identitas seseorang. Beberapa contoh Blockchain yang populer adalah Bitcoin, Ethereum & BNB Chain, blockchain jenis ini lebih banyak digunakan untuk melakukan transaksi keuangan, namun beberapa di ekosistem Blokchain di atas juga digunakan untuk perekaman data sekelompok individu/masyarakat.

Cara kerja blockchain!

Blockchain bekerja dengan cara menyimpan data dalam sekumpulan blok yang terhubung satu sama lain secara berurutan. Setiap blok berisi sejumlah data yang dienkripsi dan terekam secara permanen. Ketika sebuah blok ditambahkan ke blockchain, data di dalamnya tidak dapat diubah atau dihapus. Ini membuat blockchain aman karena data yang terekam di dalamnya tidak dapat diubah oleh pihak manapun.

Berikut adalah beberapa cara kerja blockchain secara umum:

  • Pertama-tama, sebuah transaksi terjadi antara dua pihak. Misalnya, seseorang ingin membeli sesuatu dengan menggunakan bitcoin.
  • Transaksi tersebut akan dikirimkan ke jaringan blockchain untuk diverifikasi.
  • Jaringan akan memeriksa transaksi tersebut untuk memastikan bahwa pihak yang bertransaksi memiliki cukup bitcoin untuk melakukan transaksi.
  • Jika transaksi valid, maka akan ditambahkan ke dalam sebuah blok baru.
  • Blok baru tersebut akan dienkripsi dan ditambahkan ke blockchain.
  • Setelah blok ditambahkan ke blockchain, transaksi tersebut akan selesai dan tidak dapat diubah atau dibatalkan.
  • Setiap kali sebuah blok baru ditambahkan ke blockchain, seluruh jaringan akan menerima salinan blok tersebut. Ini membuat blockchain terdistribusi karena data tidak hanya tersimpan di satu tempat saja, tapi di seluruh jaringan.
  • Jika ada sebuah usaha untuk mengubah data di dalam blok, maka akan dibutuhkan konsensus dari seluruh jaringan untuk menyetujui perubahan tersebut. Ini membuat blockchain aman karena setiap perubahan data harus disetujui oleh seluruh jaringan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Teknologi Blockchain Lebih Dalam! Apa itu Blockchain dan Cara Kerjanya!"