Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buka Pola Oppo A83 (CPH1729) Via MRT

Cara Mengatasi Oppo A83 Yang Lupa Pola - Pernahkah kamu mengalami atau sedang mendapati kasus oppo a83 yang lupa pola, pin, ataupun sandi? artikel ini dikhususkan untuk para teknisi ponsel pemula atau yang mau belajar dengan baik tentang bagaimana cara membuka pola oppo a83 dengan menggunakan MRT Key/Dongle!

Baca juga : Cara Cek Tipe HP Oppo Yang Terkunci Pola

Namun apabila ada di antara kamu yang bukan teknisi ponsel atau hanya sedekar ingin mencari tahu. Mungkin kamu juga dapat simak cara-caranya agar dapat menambah wawasan

Apa itu MRT Key/Dongle
MRT Dongle atau MRT Key merupakan sebuah alat yang berbentuk seperti flashdisk yang diproduksi oleh perusahaan Martview, perusahaan ini banyak memproduksi alat-alat yang digunakan untuk melakukan perbaikan pada smartphone.

Fungsi MRT Key/Dongle!
MRT Dongle merupakan alat yang akan membantu kamu untuk melakukan perbaikan pada permasalahan Software yang terjadi pada smartphone-smartphone terkini, permasalahan yang dapat terselesaikan di antaranya adalah : membuka HP yang terkunci pola pin ataupun sandi, akun google/frp, akun mi, unlock bootloader bahkan melakukan perbaikan pada HP yang emailnya Null atau tidak terbaca.
Baca secara lengkap mengenai MRT Key/Dongle :
Apa Itu MRT Dongle atau MRT Key, Fungsinya, Serta Panduan Instalasinya
Bagaimana Cara Membuka Pola Oppo A83 Dengan Menggunakan MRT Key/Dongle
Persiapan yang perlu diperhatikan adalah minimal sobat sudah terbiasa menggunakan solder, karena untuk masuk ke EDL mode nantinya akan dibutuhkan sedikit bantuan solder
  • Driver mediatek lengkap yang sudah terinstall di pc
  • Kabel jumper/kawat jumper
  • Timah
  • Solder
  • Kabel data micro b yang kualitasnya bagus
  • MRT Dongle
  • Aplikasi MRT Versi 2.60
Perlu diperingatkan kepada sobat-sobat teknisi ponsel sekalian bahwa pengerjaan ini sangat beresiko tinggi, maka dari itu saya harapkan kamu dapat memberikan tarif yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lakukan. 

Langkah-langkah
1. Keluarkan Sim Lock/Sim Tray pada hp tersebut, lalu bongkar hpnya
2. Setelah HP sudah terbongkar, lihat pada bagian area CPU dan EMMC yang terdapat di bagian belakang mesinnya
3. Bongkar Penutup CPU dan EMMCnya lalu lakukan penjumperan pada resistor yang ditunjuk panah seperti gambar di bawah. Jumper pada bagian yang ditunjuk ya!
4. Lalu setelah bagian tersebut sudah tersambung dengan kawat jumper, maka ada baiknya jika kamu memberikan solasi atau apapun untuk menahan kawat jumper tersebut agar tidak bergerak-gerak.
5. Pada bagian kawat jumper yang satu lagi, berikan tumpukan timah untuk disambungkan ke ground (kutub negatif)
6. Buka MRT versi 2.60 lalu pilih tab MTK_Tools selanjutnya
  • Pilih opsi format
  • Pada bagian Init Boot, pilih EMMC_Flash_Init_1
  • Pada bagian Global Option pilih Oppo Only
  • Lalu Start
7. Segera koneksikan HP ke PC dengan dengan cara menempelkan kawat jumper yang sudah ada timah ke ground lalu colokkan kabel usb.
8. Setelah itu proses format akan berjalan, proses bejalan kurang lebih 1 menit. Setelah proses berhasil, maka akan terdapat bacaan seperti ini:
9. Selanjutnya lepaskan solderan kawat jumper tersebut secara hati-hati, lalu rakit kembali HP dan nyalakan
10. Setelah masuk ke menu setelan awal, langsung saja pilih Emergency Call lalu ketikkan *#813# dan HP akan sendirinya masuk ke menu tanpa proses yang panjang


Selamat mencoba dan semoga berhasil

Demikianlah Cara Buka Pola Oppo A83 (CPH1729) Dengan MRT, apabila kamu memiliki pertanyaan, ingin berdiskusi ataupun sharing seputar permasalahan smartphone yang sedang kamu tangani, kamu dapat langsung ketikkan dikolom komentar ya. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga informasinya bermanfaat.

2 komentar untuk "Cara Buka Pola Oppo A83 (CPH1729) Via MRT "

  1. Terimakasih Master Alhamdulillah Oppo A83 sy 100% Berhasil, Semoga Ilmunya Semakin Berkah dan Rezekinya Berlimpah Aamiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mas, Semoga sukses dan lancar terus ya usaha atau kerjaannya!

      Hapus