Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Cara Mengatasi Samsung J3 Sinyal Hilang (SM-J320)

Sinyal dalam sebuah smartphone memiliki peranan yang sangat penting, sebab dengan adanya sinyal dalam smartphone, maka penggunanya dapat melakukan komunikasi dengan cara telfon, mengakses internet, dan hal-hal lainnya yang membutuhkan koneksi sinyal.

Pernahkah kamu mengalami, atau mendapati kasus samsung j3 2016 yang sinyalnya hilang, dan saat memasukkan kartu terdapat bacaan 'tidak ada layanan', 'panggilan darurat saja' atau 'sinyal bulat'? Bagaimana cara memperbaiki samsung j3 yang mengalami hilang sinyal atau sinyal bulat?

Artikel ini saya khususkan untuk para teknisi ponsel pemula dan yang mau belajar. Di sini saya ingin berbagai ilmu tentang bagaimana cara menanganinya pertahap agar tidak salah langkah. Namun apabila ada di antara kamu yang bukan teknisi ponsel atau hanya sedekar ingin mencari tahu. Mungkin kamu juga dapat simak cara-caranya agar dapat menambah wawasan. berikut:

Panduan Cara Mengatasi Samsung J3 Sinyal Hilang
(SM-J320)

1. Langkah pertama adalah, psatikan kartu benar-benar aktif dan memiliki jaringan yang baik di daerah sekitar. Hal ini perlu kamu pastikan terlebih dahulu sob, karena kalau kartu yang kamu masukkan sudah tidak aktif, atau jaringannya memang lemah di daerah tempat kamu tinggal. Maka kamu dapat menggantinya dengan kartu yang sudah memang benar-benar memiliki jaringan yang baik di daerah tempat kamu tinggal.

2. Langkah kedua adalah pastikan HP Samsung J3 kamu memiliki IMEI dan Versi Pita Dasar (baseband), hal ini juga perlu kamu pastikan! sebab imei dan baseband memiliki hubungan juga dengan sinyal. Apabila imei ataupun baseband pada hp kamu ada yang unkown/null. Maka secara otomatis hp tidak akan mendapatkan sinyal sama sekali.
Cara cek IMEI - Masuk ke Panggilan>ketikkan *#06#
Cara cek Versi Pita Dasar (baseband) - Masuk ke Pengaturan>Tentang Ponsel>Informasi Perangkat Lunak
Baca juga : 4 Cara Cek IMEI HP Samsung Dengan Mudah
 
3. Setelah sudah dipastilkan bahwa kartu benar-benar aktif dan memiliki jaringan yang baik serta mmeiliki imei dan baseband, maka langkah selanjutnya adalah membongkar HP.! Apabila sebelumnya kamu belum pernah membongkar HP Samsung J3, maka ada baiknya jika kamu melihat cara pembongkarannya lewat video-video di upload di Youtube.

4. Setelah HP terbongkar, angkat bagian mesin secara perlahan, lalu lihat pada bagian blok Sinyal (signal), lalu angkat kaleng yang menutup komponen area sinyal tersebut.

5. Apabila sebelumnya kamu sudah mengecek dan ternyata imei atau versi pita dasar (baseband) pada hp tersebut unkown/null maka langsung saja eksekusi IC baseband pada HP tersebut dengan cara menggantinya, ic baseband ditunjuk oleh panah nomor 2 dengan kode SR3593S.

6. Apabila sebelumnya sudah dicek dan imei dan baseband ada, maka langsung saja eksekusi IC PA (Power Amplifier) pada hp tersebut dengan menggantinya. IC PA ditunjuk oleh panah nomo 1 dengan kode 77621

Solusi di atas yang saya share untuk kamu kebanyakan berasal dari pengalaman pribadi yang yang mengalami permasalahan signal pada HP tersebut. Karena saya sudah sering menjumpai kasus seperti itu dan dengan cara dan penanganan yang kurang lebih sama.

Selamat mencoba dan semoga berhasil

Demikianlah Panduan Cara Memperbaiki Samsung J3 Sinyal Hilang (SM-J320), jika kamu ingin bertanya, berdiskusi ataupun sharing seputar permasalahan smartphone kamu. Langsung saja ketikkan di kolom komentar ya.! Terima kasih sudah berkunjung dan semoga informasinya bermanfaat.

2 komentar untuk "Panduan Cara Mengatasi Samsung J3 Sinyal Hilang (SM-J320)"

  1. J3 saya sinyal ada tapi 4 ny ga muncul gmna ya ka padahl sudah di atur di pengaturan

    BalasHapus
  2. Gimana kalau ngatasi no imei yang hilang sob? Hp saya samsung j3 tiba-tiba jaringan eror. Ga bisa buat telpon, sms, internet dan lain2. Jadi gabisa buat ngapa-ngapain karena imei hilang. Tolong kasih tau cara memperbaikinya. Trims.

    BalasHapus