Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Sukses Mengatasi HP yang Suka Ngehang, Ngelag atau ERROR!

Padahal sedang asik-asiknya memainkan smartphone, ehh tiba-tiba saja smartphone yang kamu mainkan ngelag, ngehank, ataupun error.
HP yang tiba-tiba error dengan ciri-ciri sering hang dan restart sendiri, freeze saat bermain game, tampilan seperti patah-patah, lemot atau proses loading lama sekali, dan berbagai keluhan yang membuat kamu rasanya ingin menggantinya dengan HP baru.
Namun jangan terlalu terbawa emosi dengan permasalahan tersebut, pada artikel kali ini saya akan memberikan Cara Ampuh Mengatasi HP yang Suka Ngehank, Ngelag atau ERROR!
Namun sebelum memberikan solusi atau cara mengatasi hp yang suka ngelag, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu penyebab dari hp yang suka ngehank, ngelag, ataupun error!
Penyebab Hp yang Suka Ngehank, Ngelag, ataupun Error!



1.  Memory Internal Hampir Penuh
Memory internal yang penuh tentu saja berpengaruh terhadap kinerja dari HP kamu sendiri, sebab semua data-data yang dijalankan khususnya sistem operasi beserta anak-anaknya tersimpan dalam memory internal HP, tentu saja kamu harus memberikan ruangan atau space yang lebih lega pada HP kamu agar kinerja HP dapat maksimal.

2. RAM (Random Access Memory) Penuh
cara mengatasinya
Setiap perintah-perintah seperti menjalankan aplikasi, melakukan pergerakan, dan berbagai hal lainnya yang bersifat perintah dikerjakan oleh RAM, jadi usahakan apabila HP kamu memiliki RAM yang kecil jangan membuka beberapa aplikasi atau memberikan perintah yang melebihi kapasitas kerja dari RAM itu sendiri, untuk smartphone-smartphone terkini, RAM minimal yang harus dimiliki oleh smartphone adalah 1 GB.

3. Terjangkit Virus
cara mengatasinya
Smartphone yang terjangkit virus juga dapat menjadi pemicu dari HP yang suka ngehank, ngelag atau ERROR!, karena biasanya virus yang menjangkit smartphone kamu menggandakan diri sebanayak-banyaknya sehingga membuat memory internal pada smartphone kamu penuh dan juga sekaligus memberikan perintah terus menerus hingga membuat smartphone kamu menjadi lemot, ngelag, ngehank ataupun ERROR.

Setelah Mengetahui Penyebab dari Hp yang Suka Ngehank, Ngelag, ataupun Error! untuk menanganinya berikut saya akan berikan:
Cara Untuk Mengatasi HP yang Suka Ngehang, Ngelag atau ERROR!

1. Reboot
Apabila HP kamu mengalami yang namanya lemot, ngehang, ngelag, ataupun error, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan Reboot pada smartphone kamu, karena dengan melakukan hal tersebut maka smartphone kamu akan terasa lebih segar lagi
Bagaimana jika layar tidak bisa disentuh?
  • Apabila smartphone kamu menggunakan baterai removable atau dengan kata lain baterai tersebut dapat dilepas dengan mudah, kamu hanya cukup untuk melepaskan sebentar baterai dari smartphone lalu pasang kembali dan nyalakan smartphone.
  • Apabila smartphone kamu menggunakan baterai tanam, cara mengatasi hp yang ngehang apabila menggunakan baterai tanam adalah dengan melakukan Hard Reboot atau dengan kata lain restart smartphone secara paksa! cara pada setiap smartphone biasanya berbeda, namun cobalah untuk menggunakan beberapa opsi tombol yang saya berikan
Biasanya membutuhkan waktu sekitar 5-15 detik untuk dapat melakukan Hard Reboot
  • Tekan dan Tahan Tombol Power Sampai Restart 
  • Tekan dan Tahan Tombol Power + Volume Up Sampai Restart
  • Tekan dan Tahan Tombol Power + Volume Down Sampai Restart
  • Tekan dan Tahan Tombol Power + Home Sampai Restart

2. Bersihkan Cache
Cache merupakan data yang bersifat sementara yang tersimpan pada Memory Internal, cache mencatat data-data berupa aktifitas yang kamu lakukan selama menjalankan sebuah aplikasi, cache yang menumpuk sehingga mengakibatkan memory internal kamu penuh bisa jadi menjadi pemicu dari HP kamu yang suka ngelag atau ngehang, jadi kamu harus cek lewat penyimpanan internal kamu apakah cache pada HP kamu banyak? untuk melihatnya kamu dapat membuka pengaturan-penyimpanan-memory internal.

3. Jangan Jalankan Beberapa Aplikasi Sekaligus
Menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tentunya akan mamacu RAM (Random Access Memory) untuk bekerja lebih keras lagi, apabila pekerjaan RAM sudah hampir mencapai batasannya, jangan heran apabila HP kamu bisa ngehang, ngelag, ataupun menglami error lainnya.

4. Jangan Gunakan Wallpaper, Tema, atau Launcher 3D maupun Live
Menggunakan Wallpaper, Tema, ataupun Launcher yang 3D maupun Live biasanya juga dapat membuat hp kamu ngelag, terasa berat sekali atau lemot, hal ini biasanya cukup sering terjadi buat kamu yang menggunakan HP  dengan spesifikasi RAM di bawah 3 GB, karena Wallpaper, Tema atau Launcher 3D maupun Live benar-benar memerlukan kapasitas RAM yang lebih sedikit.


5. Hapus Aplikasi yang Sudah Tidak Diperlukan Lagi
Dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi tentunya dapat membantu kamu untuk membuat memory internal dari HP kamu menjadi lebih lega, karena apabila memory internal kamu penuh pastinya HP kamu akan ngelag atau lemot.

6. Factory Reset
Setelah beberapa cara di atas telah kamu coba dan masih belum membuahkan hasil, bisa jadi penyebabnya berasal dari virus! cobalah untuk melakukan Factory Reset pada smartphone kamu.

7. Jangan Gunakan ROM Costum
Nih buat kamu nih yang suka banget ngoprek-ngoprek sistem operasi dari sebuah smartphone, hal ini juga dapat mengakibatkan HP kamu menjadi ngelag ataupun restart sendiri, banyak yang dapat menjadi pemicunya, sebab biasanya Costum ROM yang tidak cocok dengan tipe HP serta spesifikasi dari smartphone kamu dapat menjadi pemicu hp kamu sering ngelag dan restart sendiri, cobalah untuk mengembalikannya ke ROM bawaan smartphone.

8. Flashing Ulang
Beberapa cara di atas tidak juga membuahkan hasil, cobalah langkah berikut ini! lakukanlah Flashing Ulang pada smartphone kamu agar smartphone benar-benar bersih dari virus yang menyebabkan smartphone kamu menjadi lemot dan suka ngerestart sendiri.

9. Bawa ke Tempat Service HP terdekat (Professional)
Setelah semua cara di atas tersebut sudah kamu maksimalkan, mau tak mau kamupun harus membawa smartphone kesayangan kamu ke tempat perbaikan smartphone yang terdekat di daerah kamu, saya sarankan untuk mencari yang terpercaya atau service center agar hasilnya dapat maksimal, karena apabila kamu sudah melakukan berbagai cara di atas dan masih belum membuahkan hasil, biasanya penyebab dari smartphone kamu yang suka ngerestart sendiri, ngehang, dan lemot terjadi karena permasalahan pada hardware, dan biasanya bisa saja Baterai, IC EMMC, IC Power, dan berbagai kemungkinan bisa saja terjadi.

Nah demikianlah teman-teman Cara Mengatasi HP yang Suka Ngehang, Ngelag atau ERROR!, apabila kamu yang punya pertanyaan-pertanyaan seputar permasalahan smartphone kamu, kamu dapat langsung menanyakannya lewat kolom komentar di bawah ya, saya akan berusaha untuk memberikan solusi terbaik untuk permasalahan smartphone kamu, terima kasih sudah berkunjung dan semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "9 Cara Sukses Mengatasi HP yang Suka Ngehang, Ngelag atau ERROR!"