Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Atasi Asus Zenfone Selfie Live (A007) Tidak Bisa Ngecas Setelah Ganti LCD

Artikel kali ini saya khususkan untuk rekan-rekan teknisi ponsel, untuk kamu yang bukan teknisi juga mungkin bisa mengikuti artikel ini agar menambah wawasan atau mungkin saja kedepannya kamu akan menjadi seorang teknisi ponsel, siapa yang tau hehe..

Pada mulanya hp ini bisa melakukan pengisian daya baterai dengan normal, tapi yang menjadi keluhan dari costumer adalah layar dari HPnya yang pecah sehingga ia mau meminta untuk mengganti layarnya. Setelah negosiasi tarif reparasi hp itu, costumer deal dengan tarifnya dan langsung saya lakukan penggantian layar ponselnya yang pecah.

Namun setelah layar ponsel telah terpasang dan sudah rapi, berhubung baterai hp tersebut tinggal sedikit, maka saya lakukan pengisian daya. Saya agak bingung ketika hpnya tidak bisa melakukan pengisian, saya coba bongkar lagi dan lakukan berbagai pengecekan.

Saya coba solder ulang kaki-kaki dari conector chargernya, setelah itu saya coba ukur jalur vbus dari conector chargernya ternyata tidak mengeluarkan nilai hambatan, sehingga saya mengambil sebuah analisa bahwa hp ini jalur vbus (+) nya putus.

Beruntung LCD bekas dari hp ini masih ada, saya coba hubungkan. Ternyata hp dapat melakukan pengisian ketika saya gunakan LCD bekasnya. Lalu saya mengambil sebuah kesimpulan bahwa
fleksible tengahnya/fleksible lcd dari hp ini tergabung juga dengan jalur pengisian daya juga.

Ternyata permasalahan adalah dari LCD yang sebelumnya diganti kurang bagus, atau lebih tepatnya jalur vbus/pengisian yang terdapat di jalur LCD tersebut putus. 

Solusinya adalah saya putuskan untuk melakukan penjumper-an jalur vbus dari mesin hp tersebut ke conector chargernya agar dapat melakukan pengisian lagi tanpa harus mengganti LCD baru lagi. Berikut adalah titik jumpernya.!
Salah satu pembelajaran yang dapat diambil dari kejadian ini adalah, ketika kita ingin melakukan penggantian dari LCD HP Asus Zenfone Live (ZB501KL)/A007 ini, perlu untuk dilakukan pengetesan pada pengisian dayanya agar tidak bekerja dua kali yang membuang-buang waktu kita sebagai teknisi ponsel.

Demikianlah Cara Mengatasi Asus Zenfone Selfie Live Tidak Bisa Ngecas Setelah Ganti LCD, terima kasih sudah berkunjung dan semoga informasinya bermanfaat

Posting Komentar untuk "Cara Atasi Asus Zenfone Selfie Live (A007) Tidak Bisa Ngecas Setelah Ganti LCD"