Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Belajar Servis HP Untuk Pemula Bagian Hardware

Dari waktu ke waktu, teknologi semakin berkembang dengan pesat. Salah satu teknologi yang berkembang dengan pesat adalah Smartphone. Dengan perkembangannya yang pesat, maka pengguna smartphone pun semakin hari semakin bertambah dengan cepat. Bahkan anak kecil di bawah 5 tahun saja kini sudah banyak yang diberikan smartphone untuk bermain dan menonton.

Faktanya adalah, kini anak-anak sekolahpun hampir 80%-90% sudah memiliki smartphone masing-masing. Ada yang digunakan untuk keperluan belajar di sekolah, bermain game, dan ada juga yang untuk berkomunikasi dengan orang tua ataupun keluarga.

Karena penggunanya yang banyak, maka tak menutup kemungkinan juga bahwa usaha atau pekerjaan service HP dapat menjadi peluang yang cukup besar untuk dicoba. Karena saya sendiri juga sudah membuktikannya.

Saya belajar service HP secara otodidak, mulai dari pengenalan hardware dimesin, tipe-tipe HP, bagaimana cara membongkar dan memasangnya, apa itu flashing, apa itu root, dan lain-lainnya. Saya banyak belajar dari sharing-sharing di forum, browsing di internet, dan streaming video di Youtube.

Untuk belajar sesuatu, apapun hal tersebut yang dipelajari. Hal pertama yang harus seseorang miliki adalah tekad yang kuat dan konsistensi. Buat kamu yang baru mulai menekuni bidang service HP, berikut saya akan berikan tips belajar service HP untuk pemula.

1. Kenali Nama Komponen Serta Cara Kerjanya Satu Persatu
Ini merupakan hal dasar yang harus kamu kuasai terlebih dahulu, karena dengan mengenali nama-nama komponen serta cara kerjanya, maka kedepannya kamu akan memiliki kemampuan analisa letak kerusakan pada ponsel yang akan kamu perbaiki.
Jadi pastikan kamu mengenal satu persatu komponen serta cara kerjanya dengan benar-benar ya!

2. Kenali Tipe HP dan Cara Membongkarnya dan Memasangnya Dengan Benar
Mengenali Tipe-tipe hp dan cara membongkar serta memasangnya merupakan hal dasar yang cukup penting juga untuk teknisi hp. Karena dengan menguasai tips kedua ini, kamu kedepannya akan dapat belajar dengan mudah serta bekerja dengan cepat dan teliti.

3. Teliti Dalam Membongkar dan Memasang
Biasakanlah untuk teliti dalam membongkar dan memasang, mulai dari hal-hal terkecil seperti lokasi baut, lokasi pengunci chasing, cara melepas fleksile, cara mencopot baterai tanam, dan berbagai hal lainnya yang harus kamu lakukan dengan teliti. Karena apabila kamu membiasakan diri untuk teliti, maka kedepannya kamu dapat melakukan perbaikan hp dengan maksimal tanpa mengalami musibah yang tidak diharapkan.

4. Perbanyak Sharing, Browsing, Serta Menonton Video Tentang Pembelajaran Service HP di Youtube
Dengan seringnya kamu sharing, browsing, serta menonton video tentang pembelajaran service hp di Youtube, maka secara otomatis wawasan kamu tentunya akan semakin bertambah dari waktu ke waktu. Mulailah dengan hal-hal yang terkecil dulu, seperti ketiga tips di atas.

5. Catat Agar Tidak Lupa
Buatlah sebuah catatan, di mana catatan tersebut memuat tentang semua pembelajran, teori-teori, serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan bidang perbaikan HP. Apabila kamu menemukan hal-hal penting yang dirasa akan berguna untuk kedepannya sebagai acuan belajar dan refensi, maka ada baiknya juga kamu mencatat hal tersebut agar dapat belajar dengan maksimal.

6. Tekad Yang Kuat dan Konsistensi Adalah Kuncinya
Untuk belajar secara otodidak, maka tekad yang kuat dan konsistensi merupakan hal wajib kamu miliki untuk belajar dalam bidang perbaikan HP, karena kedepannya kamu pasti akan menghadapi tantangan, permasalahan yang rumit dan kompleks, dan berbagai hal yang dapat menguji tekad kamu sendiri. Maka dari itu tekad yang kuat dan konsistensi adalah kuncinya.

Demikianlah Tips Belajar Servis HP Untuk Pemula Bagian Hardware, apabila kamu memiliki pertanyaan, ingin berdiskusi ataupun sharing. Langsung saja di kolom komentar ya! terima kasih sudah berkunjung dan semoga informasinya bermanfaat.

3 komentar untuk "Tips Belajar Servis HP Untuk Pemula Bagian Hardware"

  1. Untuk belajar teknisi HP harus banyak latihan dan juga alat yang mendukung (lengkap) dan jangan lupa juga guru yang ahli agar tidak banyak kesalahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk tambahannya mas. Semoga sukses terus ya usaha atau kerjaannya!

      Hapus
  2. Terimakasih atas tips tutorial cara memperbaiki HP yang baik dan benar
    Klik here :
    terimakasih

    BalasHapus