Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatasi HP Yang Keluar Suara Saat Layar Disentuh/Nonaktifkan Talkback

Dalam keseharian saya yang bekerja dalam bidang reparasi ponsel, tentunya banyak bermacam-macam kasus yang sering saya temui. Mulai dari kasus yang ringan sampai dengan kasus yang rumit.
Salah satu kasus ringan yang pernah saya temui adalah permasalahan talkback atau voice assistant yang aktif tanpa disengaja.

Ciri-ciri paling menonjol apabila talkback aktif adalah ketika layar disentuh, maka akan keluar suara dari ponsel tersebut, suara yang keluar sesuai dengan apa yang kamu sentuh.
Hal yang paling membuat penggunanya cemas adalah layar yang sulit untuk digerakkan. Sebenarnya masih dapat digerakkan, namun untuk menggerakkannya dibutuhkan dua jari yang mengusap layar dalam waktu bersamaan.

Apabila kamu mengalami kasus seperti ini, maka tenang saja ya!!!
Di sini saya akan memberikan cara menonaktifkan talkback pada android. Cara ini berlaku untuk semua android atau ponsel. Mulai dari Samsung, Oppo, Realme, Xiaomi, Vivo, Infinix, Huawei, dan berbagai merk ponsel lainnya yang menggunakan sistem operasi Android.

Cara Nonaktifkan TalkBack Android

1. Tekan Tombol Home 5 Kali (Samsung)
Metode ini berlaku untuk ponsel Samsung yang menggunakan menggunakan tombol home, seperti seri samsung J1 2015, J1 Ace, J1 2016, J2 2015, J2 Prime, J3 2016, J5 2015, J7 Prime, J7 Pro dan berbagai tipe lainnya yang menggunakan tombol home. Metode ini sangat ampuh untuk mematikan talkback yang aktif pada ponsel Samsung, karena saya sendiri juga sudah sering menangani kasus seperti ini di ponsel samsung seri J maupun A yang talkbacknya aktif.

2. Tekan Tombol Volume dan Power (Universal)

Metode ini berlaku untuk hampir semua tipe HP yang menggunakan sistem operasi Android, untuk menonaktifkan fitur talkback dengan metode ini, ada beberapa opsi gabungan tombol yang harus kamu coba satu-persatu untuk menemukan metode yang pas dengan tipe HP kamu.
  • Tekan dan Tahan Tombol Volume Up + Down secara bersamaan
  • Tekan dan Tahan Tombol Volume Up + Power secara bersamaan
  • Tekan dan Tahan Tombol Volume Down + Power secara bersamaan
  • Tekan dan Tahan Tombol Volume Up + Down + Power secara bersamaan

3. Mengusap Layar Dengan Dua Jari dan Dua Kali Sentuhan (Universal)




Apabila kedua metode di atas telah dicoba dan talkback masih aktif, metode terakhir ini dijamin pasti berhasil! caranya juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan sob. Sebab kamu hanya cukup mematikan setelan Talkback atau Voice Assistant yang terdapat di menu Aksesibilitas (accessibility).

berikut kurang lebih caranya seperti ini:
Sekali lagi: usap layar dengan dua jari dan dua kali sentuhan untuk mengoperasikan HP
  • Masuk ke menu Pengaturan
  • Usap layar ke bawah sedikit, pilih Aksesbilitas

  • Temukan bagian Layanan Talkback yang tersetel ke Aktif 
  • Terakhir, Nonaktifkan fitur Talkback tersebut
4. Lakukan Hard Reset
Metode nomor tiga sebenarnya pasti berhasil, namun cara keempat hanya opsi saja. Saya tidak menganjurkan kamu untuk melakukan hard reset apabila terjadi kasus seperti ini, namun untuk beberapa pengguna yang gagap teknologi, cara ini mungkin bisa jadi salah satu opsi.
Baca juga : Pengertian dan Perbedaan Factory Reset dan Hard Reset

Demikianlah Cara Mematikan Talkback atau Voice Assistant Android, kamu yang memiliki pertanyaan, ingin berdiskusi ataupun sharing seputar permasalahan ponsel kamu, langsung saja ketikkan dikolom komentar ya. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga informasinya bermanfaat.

2 komentar untuk "4 Cara Mengatasi HP Yang Keluar Suara Saat Layar Disentuh/Nonaktifkan Talkback"

  1. Ini yang saya cari cari dari kemarin. Terimakasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama-sama kak Santy. Terima kasih ya sudah berkunjung.

      Hapus