Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Yang Lemot

Halo sobat-sobat CTT sekalian, pada kali ini aku mau sharing Beberapa Cara Mengatasi Smartphone Yang Lemot untuk sobat CTT sekalian.


Hmmm...siapa yang tidak kesal apabila menggunakan smartphone yang sangat lemot, apalagi sedang asik-asiknya bermain smartphone kesayangan, tentunya kamu tidak mau bukan smartphone kesayangan kamu menjadi lemot.

Namun sebelum itu perlu dibahas dahulu kenapa sih smartphone kamu bisa lemot?

1. RAM Terlalu Banyak Bekerja


Pada dasarnya setiap smartphone memiliki batasan dalam penggunaan RAM (Random Access Memory) nya tersendiri. Apabila penggunaan RAM (Random Access Memory) pada smartphone sudah hampir mencapai batasnya ataupun melebihi batasannya maka smartphone kamu otomatis akan lemot

2. Memory Internal Penuh



Sama halnya dengan RAM, Memory Internal juga memiliki batasan tersendiri untuk meyimpan data-data kamu, apabila Memory Internal yang terdapat pada smartphone kamu sudah hampir mencapai batasanya, maka smartphone kamu bisa juga menjadi lemot.

3. Smartphone Terjangkit Virus

Smartphone yang terjangkit virus biasanya juga akan lemot, karena biasanya virus yamg menyerang smartphone akan menduplikat dirinya sebanyak mungkin dam mengacaukan sistem kerja pada smartphone kamu.

Nah... setelah mengetahui penyebab kenapa smartphone kamu bisa lemot sekarang saya akan memberikan beberapa cara yang dapat kamu coba untuk menangani smartphone kamu yang lemot
Inilah beberapa cara yang dapat kamu coba untuk menangani smartphone kamu yang lemot :


1. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Diperlukan.


Ya, cara ini merupakan salah satu yang dapat kamu coba untuk menangani smartphone kamu yang lemot, karena pada dasarnya setiap smartphone memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda jadi apabila kapasitas penyimpanan kamu sudah hampir penuh kamu bisa mencoba untuk menghapus aplikasi yang kira-kira sudah tidak kamu perlukan atau gunakan.

2. Menutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan


Sering kali para pengguna smartphone lupa untuk menutup aplikasi yang baru saja mereka buka, karena setiap smartphone juga memiliki RAM (Random Access Memory) yang berbeda-beda kapasitasnya, semakin banyak kamu membuka atau menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa ditutup maka semakin banyak pula RAM bekerja.

3. Menghapus/Memindahkan File-file Yang Tidak Penting Seperti Foto, Video, Musik, dan lain-lain Yang Tersimpan Pada Memory Internal ke Memory Eksternal


Sama halnya dengan cara yang pertama, namun disini yang dihapus bukan aplikasi lagi melainkan foto, video, music, dan lain-lain, sebenarnya gak perlu dihapus sih, kamu bisa mencoba untuk memindahkan data-data kamu seperti foto, video, dan musik ke memory eksternal kamu agar memory internal kamu tidak terlalu penuh

4. Jangan Gunakan Launcher, Wallpaper Maupun Tema Yang Bergerak (Animasi)


Jika kamu menggunakan launcher, wallpaper maupun tema yang bergerak mungkin ini bisa menjadi penyebab utama kenapa smartphone kamu lemot, karena dalam menjalankan launcher, wallpaper maupun tema yang bergerak menggunakan RAM (Random Access Memory) yang cukup besar dan apabila penggunaannya hampir mendekati batas kapasitas RAM kamu, otomatis smartphone kamu pasti akan lemot.

5. Kembalikan ke Setelan Pabrik (Factory Reset)


Apabila beberapa cara diatas sudah kamu coba dan tidak membuahkan hasil, kamu harus mencoba mengembalikan smartphone kamu ke setelan pabrik (factory reset), karena kemungkinan besar smartphone kamu terjangkit virus.

6. Lakukan Flashing


Jika setelah melakukan Setelan Pabrik (Factory Reset) smartphone kamu masih saja lemot, cara yang terakhir ialah lakukan Flashing, Flashing adalah metode mengembalikan sistem operasi atau software pada smartphone kamu menjadi baru lagi, kamu dapat mencoba untuk melakukan Flashing sendiri atau kamu dapat juga membawa smartphone kamu ke tempat service smartphone yang terpercaya yang terdekat didaerah kamu.

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi hp yang lemot semoga dapat membantu dan menambah wawasan sobat-sobat CTT sekalian pada bidang hp/smartphone.