Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dark Mode Yang Makin Banyak Digunakan, Berikut Kelebihan dan Kekuranganya!

Kelebihan dan Kekurangan Dark Mode
Kelebihan dan Kekurangan Dark Mode

Dark Mode (Mode Gelap), sebuah fitur yang sudah banyak sekali digunakan di berbagai aplikasi dan website. Dark mode mulai banyak digunakan semenjak perusahaan Apple dan Google memperkenalkan fitur ini pada Smartphone mereka.

Pada saat itu, fitur dark mode pada iphone hanya dapat diakses oleh pengguna iOS 13. Begitupula dengan Android, dark mode pada Android juga hanya dapat diakses oleh pengguna Android 10 saja.

Seiring berjalannya waktu, dark mode pun kini sudah dapat di akses oleh hampir semua smartphone. Tanpa mengharuskan penggunanya menggunakan versi sistem operasi iOS 13 atau Android 10. Hal itu dikarenakan yang menyediakan fitur ini adalah aplikasi yang digunakan itu sendiri.

Dark mode akan merubah tampilan layar dari ponsel penggunanya yang biasanya putih terang menjadi gelap, sehingga mata akan terasa lebih nyaman saat menatap layar smartphone.

Berikut beberapa contoh aplikasi yang telah menyediakan fitur dark mode adalah seperti
  • WhatsApp
  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram
  • Dan lain sebagainya

Apapun yang ada didunia ini pasti ada yang kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitupula dengan dark mode, inilah kelebihan dan kekurangan dark mode yang telah saya rangkum kedalam beberapa point.

Kelebihan Dark Mode

Menghemat konsumsi daya baterai pada smartphone. Di YouTube, sudah banyak yang telah melakukan pengujian dengan Iphone maupun Android melalui percobaan mereka, dan terbukti bahwa dark mode ini efektif untuk mengehemat konsumsi daya baterai pada smartphone, terutama jika menggunakan layar OLED.

Tampilan yang menarik, terlihat lebih elegan. Hal ini kemungkinan besar terjadi karena pengguna tidak terbiasa dengan tampilan yang biasana putih terang menjadi gelap atau berubah menjadi tampak lebih elegan, sehingga memberikan kesan yang menarik dan tidak membosankan.

Memberikan kenyamanan pada mata. Tentu saja! karena cahaya yang ditangkap mata lebih minim dibandingkan biasanya.

Kekurangan Dark Mode

Pada beberapa kasus, penderita astigmatisme akan merasa tidak nyaman dalam fitur ini. Di kutip dari Alodokter.com Astigmatisme atau mata silinder adalah gangguan penglihatan akibat kelainan pada kelengkungan kornea atau lensa. Kondisi ini menyebabkan pandangan kabur, baik dalam jarak dekat maupun jauh.

Ketika menggunakan dark mode ini, penderita astigmatisme akan tidak nyaman menggunakan dark mode karena cahaya yang dipantulkan minin.


Demikianlah Kelebihan dan Kekurangan Fitur Dark Mode, terima kasih sudah berkunjung dan semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Dark Mode Yang Makin Banyak Digunakan, Berikut Kelebihan dan Kekuranganya!"