Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Merawat Baterai Iphone Agar Awet! Kamu Harus Tau!

Iphone merupakan smartphone yang dirancang dan dipasarkan oleh Apple Inc, smartphone pertama yang dirilis Appe Inc adalah iPhone 2G pada tahun 2007. Cukup laris manis di pasaran, setahun kemudian Apple inc kembali merilis iPhone 3G yang juga banyak peminatnya, selanjutnya pada tahun-tahun selanjutya sampai dengan sekarang Apple inc terus merilis iphone di antaranya:
iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S. iPhone 5, iPhone 5C & 5S, iPhone 6 & 6 Plus, iPhone 6S & 6S Plus, iPhone SE, iPhone 7 & 7 Plus, iPhone 8, 8 Plus & X, iPhone XR, XS & XS Max, iPhone 11, 11 Pro & 11 Pro Max

Cara Menjaga Performa Baterai iphone dengan tips-tips yang cukup bermanfaat
Sebagian dari kamu yang menggunakan iphone, pastinya sudah tau bukan bahwa iphone memiliki sedikit kekurangan yaitu, kapasitas baterai yang tidak terlalu besar seperti pesaingnya. Namun terlepas dari hal tersebut iphone tentunya memiliki banyak sekali kelebihan yang benar-benar mampu membuat smartphone ini menguasai pasar smartphone dunia.

Bagaimana cara merawat baterai iphone agar awet dan tahan lama? apalagi kamu yang iphonenya pernah diservice yaitu mengganti baterainya dengan kualitas KW. Berikut:

12 Cara Merawat Baterai Iphone Agar Awet! Kamu Harus Tau!

1. Jika Iphone Sedang Panas Setelah Dimainkan, Jangan Langsung Charge
Hal tersebut tentu sangat-sangat mempengaruhi kualitas baterai iphone kamu untuk kedepannya. Apabila iphone kamu panas setelah dimainkan lalu kamu charge, maka hal tersebut dapat mengakibatkan cell-cell pada baterai iphone kamu mengalami penurunan kualitas, dan jika kamu sering melakukan hal tersebut maka dalam jangka panjang baterai iphone kamu bisa saja bocor atau sering drop (tiba-tiba mati sendiri).

Jika kamu ingin charge iphone kamu, tunggulah sampai iphone dalam kondisi tidak terlalu panas! baru charge iphone kamu.

2. Usahakan Selalu Menggunakan Charger Original
Dengan menggunakan charger original, tentunya hal tersebut akan dapat membantu kamu untuk merawat baterai iphone. Sebab dengan menggunakan charger original maka performa dari baterai iphone akan selalu terjaga.

Jika kamu benar-benar sayang dengan iphone kamu, jangan gunakan charger kw ataupun charger smartphone lainnya, sebab hal tersebut sangatlah tidak dianjurkan karena arus dan tegangan pada setiap charger smartphone berbeda-beda.

3. Jangan Charge Berlebihan (Over Charging)
Jika ingin baterai iphone kamu awet! hindari kebiasaan ini, karena dengan melakukan pengisian yang berlebihan maka hal tersebut dapat mengakibatkan cell-cell pada baterai kamu cepat mengalami penurunan kualitas. Jika kamu tidak segera menghindari kebiasaan ini dalam jangka panjang baterai iphone kamu bisa saja ngembung, drop (tiba-tiba mati sendiri), bahkan baterai bisa saja rusak total.

Hindari kebiasaan Charge ditinggal (malam sebelum tidur hp di charge, pagi baru dilepas)
Saran dari saya, jika baterai sudah terisi 100%, segera lepaskan.

4. Jangan Menggunakan Baterai Sampai Benar-Benar Habis
Kamu yang sering melakukan hal ini, mulai dari sekarang jangan biasakan untuk menggunakan baterai sampai benar-benar habis. Karena hal tersebut tidak baik untuk performa baterai kedepannya, sebab dengan sering menggunakan baterai sampai benar-benar habis dapat menurunkan performa baterai iphone kamu.

5. Lakukan Pengisian Dalam Kondisi Mati
Kebiasaan seperti ini dapat membantu merawat baterai iphone kamu. Sebab dengan melakukan pengisian dalam kondisi mati, suhu baterai akan terjaga dan stabil sehingga performa dari baterai itu sendiri dapat terjaga dengan baik.
Bagaimana caranya?
  • Samsungkan charger ke stop kontak.
  • Lalu Samsungkan iphone ke charger sampai muncul indikator atau notifikasi pengisian.
  • Terakhir tekan tombol power (on/off) pada iphone lalu matikan iphone.

6. Jangan Charge Sambil Dimainkan
Kamu yang iphonenya sangat dibutuhkan untuk kepentingan pekerjaan seperti: selalu telfon sana-sini, komunikasi chatting atau kegiatan lainnya untuk pekerjaan. Sebisa mungkin usahakan untuk jangan terlalu banyak menggunakan smartphone apabila tidak ada hal-hal penting selama pengisian berlangsung. Karena apabila smartphone bekerja terlalu banyak, maka suhu baterai pun akan menjadi tidak stabil, dan hal tersebut dapat menurunkan performa baterai apabila dilakukan dalam jangka waktu panjang.

7. Jangan Melakukan Pengisian Di Motor Atau Mobil
Hal berikut ini banyak dilakukan sebagian pengguna smartphone, apalagi yang bekerja sebagai driver ojek online. Hal tersebut hampir menjadi sebuah kegiatan yang sulit untuk dihindari, namun saran dari saya adalah jangan terlalu sering melakukan hal tersebut karena, charger dari motor atau mobil itu sendiri belum tentu memiliki arus dan tegangan yang sesuai dengan iphone kamu.
Apabila tidak terlalu penting-penting sekali atau darurat, hindari hal tersebut

8. Jangan Sering Melakukan Pengisian Lewat Power Bank
Power bank sebenarnya dirancang untuk digunakan dalam keadaan genting saja, namun banyak dari pengguna smartphone yang terlalu sering melakukan pengisian lewat power bank, padahal tidak dalam keadaan yang genting sekali. Hal tersebut tentu tidak baik untuk performa baterai kedepannya.

9. Jangan Melakukan Pengisian Di Komputer ataupun Laptop
Sama halnya dengan beberapa tips di atas, apabila tidak dalam keadaan darurat, usahakan untuk tidak melakukan pengisian lewat komputer ataupun laptop, karena arus dan tegangan yang tidak sesuai dapat menurunkan performa baterai iphone kamu.

10. Hindari Cabut Colok Cabut Colok
Hal seperti ini meskipun terlihat sepele, namun dapat berakibat buruk untuk performa baterai iphone kamu kedepannya, karena apabila kamu sering menghubungkan lalu tiba-tiba memutuskan pengisian secara tiba-tiba, dan hal tersebut dilakukan dalam jangka waktu panjang maka akan berdampak buruk untuk kesehatan baterai dan smartphone kamu. Hindari kebiasaan tersebut sebisa mungkin yah.

11. Lepaskan Terlebih Dahulu Dari Kabel Data Kemudian Stop Kontak
Hal sekecil ini juga perlu diperhatikan! sebab apabila hal tersebut sering dilakukan, maka akan berdampak buruk bagi ketahanan baterai kedepannya. Sebab apabila kamu langsung memutuskan pengisian dari stop kontak, hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya efek kejut dari arus dan tegangan yang berjalan, tiba-tiba terputus secara langsung.

12. Jika Ingin Disimpan Dalam Jangka Waktu Panjang, Lakukan Pengisian Berkala
Mungkin saja kamu sudah beli iphone keluaran terbaru dan iphone bekas pemakaian kamu ingin kamu simpan, entah itu nanti diberikan ke teman, keluarga, ataupun orang-orang terdekat kamu. Jika kamu ingin performa baterai nya tetap terjaga, sebisa mungkin lakukan pengisian minimal seminggu sekali untuk menjaga performa baterai tetap stabil.

Demikianlah 12 Cara Merawat Baterai Iphone Agar Awet! Kamu Harus Tau!, dengan melakukan beberapa tips di atas, kamu dapat menjaga dan memaksimalkan performa baterai iphone kamu sendiri agar awet dan tahan lama.
Apabila kamu memiliki pertanyaan-pertanyaan, ingin berdiskusi ataupun sharing seputar permasalahan smartphone kamu, kamu dapat langsung mengetikkannya di kolom komentar, dan saya akan berusaha untuk memberikan solusi terbaik untuk permasalan smartphone kamu. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "12 Cara Merawat Baterai Iphone Agar Awet! Kamu Harus Tau!"