Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Penanganan HP Yang Kemasukan Air Yang Tepat

Padahal sedang asik-asiknya memainkan smartphone, ehh.. tiba tiba saja smartphone terjatuh ke kolam ataupun tidak sengaja terkena tumpahan air minum dan berbagai kasus lainnya.
Smartphone yang kemasukan air memang membuat hati para penggunaya was-wasan, entah itu sengaja atau tidak, namun yang pasti tenangkanlah terlebih dahulu hati dan pikiranmu

Karena pada artikel ini saya akan memberikan penanganan yang tepat buat kamu yang hpnya baru saja terkena air ataupun kamu yang smartphonenya belum pernah kena air, mungkin ini bisa menambah wawasan kamu dan berguna ketika suatu saat nanti apabila smartphone kamu kemasukan air.

Sebelum sampai ke cara penanganannya pastikan kamu tidak melakukan beberapa hal ini
  • Menyalakan smartphone sebelum smartphone benar-benar dirasa sudah kering.
  • Memberikan arus listrik atau melakukan charge pada smartphone.
  • Terlalu banyak menggerakkan smartphone
  • Membongkar smartphone apabila kamu tidak mempunyai pengetahuan dan skill yang mumpuni.
Berikut Cara Mengatasi Hp Yang Kemasukan Air

1. Matikan Smartphone Kamu atau langsung Lepaskan Batterai
Langkah pertama yang dapat kamu lakukan ialah mematikan smartphone kamu terlebih dahulu untuk mengurangi tingkat kerusakan yang ditimbulkan akibat mesin smartphone kamu yang terkena atau kemasukan air, untuk mematikannya kamu dapat menggunakan power button seperti biasa atau langsung melepaskan batterai pada smartphone kamu apabila batterainya bisa dilepas, namun apabila untuk melepaskan batterainya mengharuskan kamu untuk membongkar smartphone sebaiknya jangan membongkar smartphone kamu sendiri tanpa pengetahuan dan skill yang mumpuni, cukup lakukan force shut down dengan menekan tombol power sampai smartphone mati.

2. Bersihkan Bagian Permukaan Smartphone
Baik, setelah hpnya sudah dalam keadaan mati sekarang bersihkan seluruh bagian permukaan smartphone, untuk membersihkannya usahakan untuk tidak terlalu banyak menggerakan smartphone apabila volume air yang masuk ke dalam smartphone dirasa banyak.

3. Gunakan Vacumm Cleaner
Gunakanlah Vacumm Cleaner untuk membantu mengurangi volume air yang masuk ke dalam smartphone, namun apabila kamu tidak memiliki vacumm cleaner, kamu bisa lanjut langsung ke cara yang terakhir, karena cara ketiga ini hanya untuk membantu mempercepat proses pengeringan smartphone.

4. Keringkan Smartphone
Untuk melakukan pengeringan pada smartphone kamu, kamu bisa menggunakan metode memasukkan atau menimbun smartphone kamu ke sekantong atau semangkok silica gel, namun apabila kamu tidak memiliki silica gel kamu juga bisa menggunakan sekantong atau semangkok beras, mengapa menggunakan silica gel atau beras? Karena kandungan zat yang terdapat dalam silica gel dan beras bisa menyerap kelembapan, biarkan smartphone kamu ditimbun dalam waktu 3 hari untuk hasil yang maksimal, dan 5 hari untuk kamu yang tidak menggunakan vacum cleaner.

5. Coba Nyalakan Smartphone
Setelah selesai dengan langkah-langkah diatas, cobalah untuk menyalakan smartphone kamu dan semoga berhasil ya.

6. Bawa ke Tempat Service Terpercaya
Apabila semua sudah dilakukan dan tidak membuahkan hasil, Cobalah untuk membawa smartphone kamu ke tempat service hp yang terpercaya yang terdekat di daerah kamu.

Demikianlah Cara Mengatasi HP Yang Terkena Air Yang Tepat, buat kamu yang memiliki pertanyaan, ingin berdiskusi ataupun sharing seputar permasalahan smartphone kamu, kamu dapat langsung ketikkan di kolom komentar. Saya akan berusaha untuk memberikan solusi terbaik untuk permasalahan smartphone kamu.
Semoga dapat membantu dan informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Berikut Penanganan HP Yang Kemasukan Air Yang Tepat"