Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Notifikasi Di Blog Dengan Gratis

Notifikasi merupakan terjemahan dari Notification yang berasal dari bahasa Inggris yang berarti pemberitahuan, pengumuman, laporan, dan pemberitaan. Bagi sebagian para blogger, notifikasi tentang artikel terbaru menjadi salah-satu hal yang cukup dibutuhkan oleh mereka.
Karena dengan memasang notifikasi tentang artikel terbaru, maka secara otomatis pengikut blog juga akan mendapatkan pemberitahuan setiap artikel baru dipublikasikan. Dan hal tersebut tentunya dapat menjadi salah-satu strategi untuk menaikkan trafict penunjung blog.

Bagaimana cara membuat push notifikasi di blog? berikut:
Cara Memasang Push Notification Di Blog
1. Buka bagian sign up pada website One Signal
2. Kamu dapat menggunakan akun google, atau akun facebook untuk log in atau sign up ke One Signal
 
3. Setelah berhasil terdaftar dalam One Signal, akan muncul tampilan seperti ini:
  • Isikan name of you app or website dengan nama blog kamu
  • Pilih Web Push
  • Setelah itu Next: Configure Your Platform

4. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini:

  • Pilih Wordpress Plugin or Website Builder
  • Klik pada bagian platform Blogger

5. Berikutnya kamu harus mendaftarkan blog kamu terlebih dahulu ke One Signal, dengan mengisi beberapa Formulir seperti gambar berikut:
  • Isikan Site name dengan Nama blog kamu
  • Site Url dengan Link blog kamu
  • Default icon url boleh dikosongkan, boleh juga diisi dengan link icon blog kamu
  • Choose a label dengan bebas mau di isi dengan nama apa, ada baiknya jika berkaitan dengan nama blog.
6. Setelah mengisi formulir tersebut, kamu tinggal berkreasi mau menggunakan push url seperti apa, model icon lonceng kah atau mode pop up dan lainnya. Terakhir Save


7. Selanjutnya akan tampil code html seperti gambar berikut:
Copy code tersebut, paste di html blog tepatnya di bawah tag <head> seperti gambar di bawah, terakhir Simpan tema.

Setelah itu buka kembali blog kamu dan notifikasi untuk subscribe (ikuti) blog kamu akan muncul, lalu setiap pengikut blog kamu nantinya akan mendapatkan notifikasi pada perangkat mereka apabila kamu membuat artikel baru.


Namun perlu diketahui bahwa jika kamu sudah memasang notifikasi tersebut. Apabila kamu memposting artikel baru, maka notifikasi yang sudah terpasang tersebut tidaklah secara otomatis terkirim ke para subscribers (pengikut) blog kamu, kamu harus mengirimkannya dengan masuk ke website One Signal.

Bagaimana cara mengirimkan notifikasi artikel terbaru di One Signal? begini caranya:
1. Log in ke One Signal
2. Klik bagian Messages lalu New Push
3. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini:

  • Pada bagian Title, isikan saja dengan kata Terbaru, Postingan terbaru, Artikel terbaru, ataupun kata-kata lainnya yang berhubungan dengan pemberitahuan bahwa kamu telah mempublikasikan artikel baru.
  • Pada bagian Message, ketikkan judul artikel atau boleh juga kata-kata tentuya menarik perhatian pengikut blog untuk membuka push notif tersebut.
  • Pada bagian Thumbnail, jika kamu tidak menggunakan thumbnail, kamu boleh kosongkan bagian tersebut, tapi ada baiknya juga kamu menggunakan thumbnail. Karena hal tersebut dapat menarik minat pengikut blog untuk membuka artikel itu.
  • Pada bagian Launch url, isikan dengan link url artikel terbaru kamu, yang baru saja kamu publikasikan.
4. Sesudah mengisi data-data tersebut, kamu sudah dapat mengirimkan push notification secara langsung ke pengikut blog kamu dengan klik Confirm. jika kamu tidak ingin menjadwalkan pengiriman notif tersebut, maka pada bagian Delivery klik begin sending at a particular time lalu atur waktunya.


Demikianlah Cara Memasang Push Notification di Blog, apabila kamu mengalami sedikit kesulitan dalam mengikuti panduan di atas, kamu dapat langsung sampaikan langsung lewat kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga informasinya bermanfaat.

1 komentar untuk "Cara Membuat Notifikasi Di Blog Dengan Gratis"

  1. gan ini masih pas mau aktifasi ke emailnya ga masuk2 kenapa ya ?

    www.koraninformasi.com

    BalasHapus